Nama : Lida
Mapel : Ekonomi LM dan Ekonomi
Kelas : Xi ips 2 dan Xi ipa 1
Jam : 3,4 dan 9,10
Hari/ tanggal : Selasa, 21 Nov 2023
KD 3.2 : Menganalisis konsep pertumbuhan ekonomj dan pembangunan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya
4.2 : Menyajikan hasil temuan permasalahan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi serta cara mengatasinya
Metode Pembelajaran yakni : Student - centered method ( berpusat pada siswa)
Strategi model pembelajaran yakni : Interaktif ( tehnik pembelajaran yg dilakukan dengan metode dia arah yg berpusat pd siswa sedangkan guru hanya memberikan materi singkat)
Tujuan pembelajaran : Diharapkan peserta didik dpt menganalisis konsep pertumbuhan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya terampil dalam menyajikan hasil temuan permasalahan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya. Dengan demikian akan terbentuk sikap kritis, kreatif, jujur dan bertanggung jawab
Materi : Pertumbuhan ekonomi
Perhitungan pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan ekonomi dapat di jadikan sebagai patokan yang melihat kemajuan suatu negara dan bagaimana hasil dari pembangunan yang di lakukan selama periode tersebut. Jika pbangunan yang di lakukan pemerintah berhasil dengan efektif, maka akan terlihat pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat.
Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat di ukur dengan cara membandingkan misalnya ukuran nasional, Gross National Product ( GNP) atau Gross DomesticProduct ( GDP) tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnya, atau dapat di tuliskan dlm rumus sebagai berikut
PE= GNP thn skrg -GNP thn yg lalu
_______________________________×100℅
GNP thn yg lalu
Utk menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi, terlebih dahulu harus diketahui nilai GNP atau GDP selama periode tertentu. Guna memberikan gambaran yang lebih jelas tentang perhitungan pertumbuhan ekonomi dpt di tujukan dengan soal sbb
GDP negara X thn 2018 adl US$160 miliar dan nilai GDP thn 2019 adl US$ 168 miliar
Dengan demikian pertumbuhan ekonomi yang di capai negara X adalah...
Rangkum dan kerjakan soal di ats...