Jumat, 31 Januari 2020

Materi selanjutnya kls 11 ips 1 jam 3,4





 

Macam-Macam Badan Usaha Jasa Keuangan di Indonesia

Anda tentu sering mendengar tentang istilah jasa keuangan. Istilah tersebut seringkali digunakan untuk menjelaskan jenis usaha jasa yang diberikan oleh pihak yang bergerak dalam bidang keuangan. Singkatnya, jasa keuangan adalah sebuah sistem yang dibuat pihak tertentu untuk mempermudah seseorang dalam mengatur kebutuhan finansialnya. Di era modern ini, khususnya di Indonesia, roda perekonomian rakyat dalam skala besar yang terus berputar dengan signifikan setiap harinya menyebabkan adanya permintaan pasar yang besar untuk jasa keuangan. Berbagai pihak pun mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat. Tentunya, dengan fungsi dan keunggulannya masing-masing. Kali ini, kita akan membahas macam-macam lembaga atau badan usaha jasa keuangan di Indonesia.
  1. Lembaga Keuangan Mikro (LKM)

Fungsi dari Lembaga Keuangan Mikro (LKM) adalah menyediakan jasa peminjaman uang untuk dipakai mengembangkan bisnis berskala mikro. Selain itu, lembaga ini juga menyediakan program pengelolaan uang simpanan berjangka bagi para anggota ataupun masyarakat luas, dan juga memberikan konsultasi pengembangan bisnis bagi para pebisnis. LKM dibangun bukan semata-mata karena mencari keuntungan yang besar, namun juga dengan nilai ingin membantu mengembangkan kewirausahaan rakyat dan pemberdayaan ekonomi.
  1. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Jenis badan usaha jasa keuangan ini menyediakan jaminan dalam berbagai bentuk untuk yang mengikutinya, mulai dari jaminan kematian, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua. Ada banyak sekali perusahaan atau pihak yang bergerak di dalam bidang ini, dan salah satu yang paling digandrungi di Indonesia adalah program dari pemerintah yakni BPJS. Selain itu, perusahaan-perusahaan asuransi juga bergerak di dalam bidang ini. Tujuan dari didirikannya lembaga atau badan penyelenggara jaminan sosial adalah untuk membantu masyarakat mempersiapkan diri untuk hal-hal tak terduga di masa depan. Dengan mengikuti program jaminan sosial, seseorang memiliki persiapan lebih matang untuk masa depannya.
  1. Perusahaan Pegadaian

Anda tentu familiar dengan pegadaian. Perusahaan yang menyediakan jasa gadai barang dan surat-surat berharga tersebut merupakan salah satu badan usaha jasa keuangan yang cukup difavoritkan masyarakat Indonesia. Sebagaimana slogannya yakni “menyelesaikan masalaha tanpa masalah”, tujuan pegadaian adalah memberikan jalan keluar bagi orang yang memerlukan dana segar, yakni dengan menggadaikan hartanya. Setelah itu, kita bisa menebus kembali barang yang digadaikan dengan cara mencicil. Tentu saja, pegadaian menjadi win-win solution bagi banyak orang.
  1. Perusahaan penjaminan kredit

Jenis lembaga ini bergerak dalam penyediaan program kredit barang yang dibutuhkan masyarakat. Tujuanya adalah membantu masyarakat mendapatkan kredit dari pihak perbankan. Lembaga ini juga sangat sering didengar di telinga karena sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, contohnya lembaga penyedia kredit kendaraan bermotor.
  1. Perusahaan penjaminan infrastruktur.

Jenis perusahaan jasa keuangan ini berada dalam naungan Persero. Tujuan didirikannya perusahaan jenis ini adalah untuk memberikan jaminan kepada proyek-proyek pembangunan infrastruktur, bersama-sama dengan pemerintah.
  1. Lembaga penyediaan ekspor Indonesia (LPEI).

badan usaha jasa keuangan
Jenis lembaga ini diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 2 tahun 2009.  LPEI didirikan untuk membantu pemerintah mendorong pergerakan ekspor barang-barang asli dalam negeri menuju ke negara lain.
Itulah bermacam-macam Badan Usaha Jasa Keuangan di Indonesia beserta tujuan dan fungsinya masing-masing. Setiap badan usaha yang didirikan tentu bermaksud memberikan dampak positif bagi perekonomian rakyat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perpajakan kls xi ipa 1

 Nama                  : Lida  Mapel                   : Ekonomi  Kelas                    : xi ipa 1 Jam                      : 5,6 KD 3.7 ...