Rabu, 29 Juli 2020

Komponen pendapatan nasional kls xi ipa 3 jam 5,6

Komponen Pendapatan Nasional – Hai teman, kalian tahu tidak, berapa kali kalian melakukan transaksi pembelian dalam waktu sebulan? Lalu apa ya hubungannya dengan pendapatan nasional, bingung kan?
Jadi begini, sekecil apapun kegiatan ekonomi yang kalian lakukan, maka kalian sudah memiliki peran yang cukup penting dalam memengaruhi pendapatan nasional lho.
Pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan memberikan penjabaran mengenai Komponen Pendapatan Nasional beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.


Komponen Pendapatan Nasional

Definisi Pendapatan Nasional 

Pendapatan nasional (National Income) merupakan sebuah total pendapatan secara keseluruhan yang diterima setiap anggota masyarakat di suatu negara dalam periode waktu tertentu dan umumnya dihitung selama satu tahun.
Dengan kata lain, pendapatan nasional dapat dianggap sebagai sebuah produksi nasional, yang dihasilkan oleh semua anggota masyarakat yang ada di dalam suatu negara dalam jangka waktu tertentu.
Baca Juga : Pasar Uang

Pendapat Nasional Menurut Para Ahli

Selain pengertian dari Pendapatan Nasional secara umum, ada beberapa pengertian dari National Income yang diungkapkan oleh beberapa para ahli, diantaranya adalah :
  1. Arthur Cecil, Pendapatan nasional merupakan bagian dari pendapatan objektif orang-orang yang ada di suatu negara, termasuk pendapatan dari luar negeri, yang dapat diukur kedalam bentuk tunai.
  2. Irving Fisher, Pendapatan nasional adalah sebuah pendapatan dasar yang dikonsumsi langsung pada tahun yang sama.
  3. Alfred Marshall, Pendapatan nasional dapat digambarkan sebagai pekerjaan dan modal dari suatu negara yang memproses sumber daya alamnya agar dapat menghasilkan jumlah bersih dalam bentuk material dan juga inmaterial, termasuk jasa dan lain sebagainya.

Komponen Pendapatan Nasional



Komponen Pendapatan Nasional

1 komentar:

Perpajakan kls xi ipa 1

 Nama                  : Lida  Mapel                   : Ekonomi  Kelas                    : xi ipa 1 Jam                      : 5,6 KD 3.7 ...