assalamualaikum shaleh n shaleha ibu....utk tugas hari ini lihat blog ibu ,buat video singkat ...yg sdh selesai wa ke ibu...wktnya 1 minggu dri hari ini...oke wass
Pengertian dan Karateristiks Perusahaan Jasa
Pada kesempatan sebelumnya Akuntansi Lengkap membahas mengenai perusahaan dagang. Perusahaan tidak hanya memproduksi produk atau barang, tapi ada juga perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi jasa yang dijual untuk melayani konsumen. Lalu apakah itu perusahaan jasa? Mari kita pahami bersama-sama di bawah ini:
Pengertian Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa adalah unit usaha yang kegiatan utamanya memproduksi barang tidak berwujud (jasa) dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba. Perusahaan jasa bisa diartikan juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya dengan tujuan memperoleh keuntungan dari kegiatan memenuhi kebutuhan konsumennya.
Namun dalam pelaksanaannya perusahaan jasa-pun terkadang memerlukan produk fisik atau yang berwujud untuk melakukan kegiatan usahanya. Contohnya seperti perusahaan transportasi umum yang menawarkan jasa transportasi kepada konsumen, maka perusahaan memerlukan alat transportasi seperti mobil (bus), kapal laut, pesawat untuk dapat melakukan kegiatan usahanya.
Ketika membuat laporan keuangan pada perusahaan jasa dengan langkah-langkah dalam siklus akuntansi yaitu:
- Pencatatan
- Penggolongan
- Pengiktisaran
- Laporan Keuangan
Karakteristik dan Ciri-Ciri Perusahaan Jasa
Karakteristik yang dimiliki perusahaan jasa diantaranya sebagai berikut:
- Tidak memiliki wujud (sifatnya abstrak dan tidak bisa dilihat)
- Produk yang dihasilkannya tidak standar atau bervariasi (Hetereogenitas)
- Tidak dapat dipisahkan antara (produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama)
- Tidak dapat disimpan, karena tidak memiliki wujud.
Ciri ciri dari perusahaan jasa dapat kita kenali dengan mudah diantaranya:
- Pendapatan berasal dari penjualan jasa
- Dalam proses memproduksi suatu jasa, bisa saja menggunakan bantuan dari produk fisik dan bisa saja tidak
- Tidak memiliki persediaan produk dalam bentuk fisik, sebabnya Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Produk yang dihasilkan hanya bisa dirasakan manfaatnya namun tidak bisa dilihat fisiknya
- Jasa yang diberikan tidak sama, bisa jadi masing-masing konsumen memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya
- Pada tingkatan harganya umumnya memiliki sifat yang tidak mutlak, sebab ketentuan harga yang ditetapkan perusahaan tergantung dengan jenis pelayanan dan tingkat kebutuhan konsumen sendiri
- Jasa yang dihasilkan tidak dapat disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaannya akan langsung habis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar