Kamis, 28 Januari 2021

Konsep Manajemen kelas x

 Nama                             : Lida.S,Pd

Mapel                             : Ekonomi LM

Kelas                              : X IPA 1

Kompetensi Dasar         : 3.7  Mendeskripsikan konsep manajemen

                                         4.7 Menerapkan konsep manajemen dalam kegiatan sekolah

Tujuan Pembelajaran     : Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen dengan benar


Manajemen


Pengertian Manajemen

Quipperian, ada beberapa pengertian manajemen dari para ahli yang bisa kamu pelajari, nih. Kalau menurut George R. Terry dalam bukunya The Principle of Management, manajemen ialah usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan lebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.

Sedangkan Prof. Oei Liang Lee menjabarkan manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengoordinasikan, serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

So, kamu sudah bisa merangkum belum kira-kira apa itu pengertian manajemen? Inti dari kegiatan manajemen adalah bagaimana mencapai tujuan sebuah organisasi dengan teknik dan cara-cara tertentu, serta membutuhkan peran manusia dalam prosesnya.

Fungsi Manajemen

George R. Terry menjelaskan bahwa fungsi manajemen terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling. Yuk, langsung saja simak pembahasannya satu per satu lebih detail di bawah ini.

1. Planning (Perencanaan)

Planning atau perencanaan ialah proses dasar manajemen guna menentukan tujuan dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Perencanaan yang baik harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti punya tujuan yang jelas, bersifat sederhana, ada analisis pekerjaan, fleksibel sesuai perkembangan, dan punya unsur keseimbangan antara tujuan setiap bagian dengan tujuan perusahaan.

Adapun manfaat dari kegiatan planning adalah:

  1. Tugas menjadi tepat sasaran
  2. Meminimalisir peluang kesalahan
  3. Sebagai pedoman kegiatan
  4. Kesatuan visi dan misi yang sama

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah proses pengelompokkan orang-orang, alat-alat, tugas, tanggung jawab, dan wewenang sehingga tercipta kesatuan dalam rangka mencapai tujuan.

Dalam suatu organisasi, terdapat beberapa unsur yaitu sekelompok manusia, adanya kegiatan yang dilakukan, serta tujuan yang ingin dicapai.

Berikut ini beberapa manfaat pengorganisasian:

  1. Pembagian tugas
  2. Spesialisasi tugas
  3. Membantu anggota mengetahui tugas dan tanggung jawabnya

3. Actuating (Pelaksanaan)

Pelaksanaan adalah fungsi untuk menggerakkan orang-orang supaya bisa bekerja sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan merupakan fungsi manajemen yang paling penting karena berhubungan dengan sumber daya manusia. Untuk itu, fungsi yang satu ini selalu dikaitkan dengan kegiatan kepemimpinan atau leadership.

Ada tiga gaya dalam pelaksanaan kepemimpinan, yakni:

  1. Otoriter
  2. Demokratis
  3. Bebas

4. Controlling (Pengawasan)

Pengawasan adalah fungsi manajemen untuk mengoreksi kesalahan yang terjadi demi tercapainya suatu organisasi. Henry Fayol mendefinisikan pengawasan sebagai tindakan meneliti apakah segala sesuatu sudah tercapai atau berjalan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Fungsi pengawasan akan efektif apabila memperhatikan hal-hal seperti jalur kesalahan, penetapan waktu pelaksanaan pengawasan, perintah pelaksanaan, dan tindak lanjut.

Tingkatan Manajemen

Nah, sekarang kita lanjut ke pembahasan mengenai tingkatan manajemen, ya, Quipperian. Tingkatan manajemen adalah susunan atau gambaran stratifikasi organisasi yang menggambarkan fungsi dan peranannya dalam organisasi yang bersangkutan. Secara umum, ada tiga tingkatan manajemen yang umumnya terjadi pada perusahaan atau organisasi. Apa saja?

1. Top Management

Top management merupakan jenjang tertinggi, sering disebut manajer senior, eksekutif kunci, CEO (Chief Executive Officer), president, dan vice president. Manajemen tingkat ini bertanggung jawab terhadap perusahaan secara keseluruhan. Tugas mereka ialah menetapkan tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan secara umum yang kemudian diterjemahkan lebih spesifik oleh manajer bawahnya.

2. Middle Management

Middle management ialah manajemen yang tugasnya mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi. Manajemen tingkat ini wajib melaporkan hasil pekerjaan mereka kepada top management. Contoh middle management adalah kepala klinik rumah sakit, dekan di universitas, dan manajer pabrik. Middle management juga berperan sebagai jembatan antara top management dan lower management.

3. Lower Management

Tingkatan ini merupakan tingkat paling bawah dalam suatu organisasi. Tugasnya ialah memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Misalnya supervisor atau mandor. Lower management bertanggung jawab atas satu unit kerja dan diharapkan bisa menyelesaikan tugas dengan tujuan jangka pendek sesuai dengan rencana perusahaan.

Unsur-unsur Manajemen

Agar fungsi-fungsi manajemen bisa terlaksana dengan baik, dibutuhkan sumber-sumber atau sarana manajemen yang terdiri dari:

  1. Manusia
  2. Uang atau biaya
  3. Bahan-bahan
  4. Tata kerja
  5. Pasar
  6. Mesin-mesin dan peralatan

Bidang Manajemen

Bidang-bidang manajemen lahir seiring perkembangan ilmu dan teknologi dan dikhususkan berdasarkan tujuan masing-masing. Berikut ini bidang-bidang manajemen, Quipperian.

1. Manajemen Produksi

Manajemen produksi merupakan rangkaian kegiatan yang terencana dan terkendali dalam rangka mengubah input menjadi output, serta melakukan evaluasi terhadap output melalui umpan balik.

2. Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran ialah kegiatan pengaturan secara optimal dari fungsi pemasaran supaya kegiatan pertukaran atau penyampaian barang dari produsen kepada konsumen bisa berjalan lancar dan memuaskan. 

3. Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan adalah manajemen yang berhubungan dengan langkah-langkah guna mendapatkan dana yang dibutuhkan dan bagaimana penggunaannya dalam rangka mencapai tujuan. 

4. Manajemen Personalia 

Manajemen personalia merupakan fungsi manajemen yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia yang terlibat dalam kegiatan perusahaan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan. 

5. Manajemen Administrasi 

Manajemen administrasi memberi perhatian pada pemberian layanan di bidang administrasi, penggunaan alat yang efektif, dan kemudahan pada bidang lain. 

 

84 komentar:

  1. Benardy Fatih Wicaksono
    X IPA 5

    BalasHapus
  2. Nimas ayu Laeli Nur Isnaini
    X IPA 2

    BalasHapus
  3. Ravi Andradisa Athallahfaiq
    X IPA 2

    BalasHapus
  4. Nanda nishappy permata rindu
    X IPA 2

    BalasHapus
  5. M Rangga Adi Darmansah
    X IPA 1

    BalasHapus
  6. chesta arya agil saputra
    X IPA 1

    BalasHapus

AKUNTANSI Kls xi. 9 dan 8

 Nama                     : Lida, S. Pd Mapel                      : Ekonomi Kelas                        : xi. 9 n Xi. 8 Jam               ...